SARANA DAN PRASARANA SMA PGRI Lawang

SARANA DAN PRASARANA

SMA PGRI Lawang


A.        Pengertian Sarana dan prasarana

Salah satu aspek yang seharusnya mendapat perhatian utama oleh setiap pengelola pendidikan adalah mengenai fasilitas pendidikan. Sarana pendidikan umumnya mencakup semua fasilitas yang secara langsung dipergunakan dan menunjang proses pendidikan, seperti: Gedung, ruangan belajar atau kelas, alat-alat atau media pendidikan, meja, kursi, dan sebagainya. Sedangkan yang dimaksud dengan fasilitas/prasarana adalah yang secara tidak langsung menunjang jalannya proses pendidikan, seperti: halaman, kebun atau taman sekolah, maupun jalan menuju ke sekolah.
Fasilitas pendidikan pada dasarnya dapat dikelompokkan dalam empat kelompok yaitu tanah, bangunan, perlengkapan, dan perabot sekolah (site, building, equipment, and furniture). Agar semua fasilitas tersebut memberikan kontribusi yang berarti pada jalannya proses pendidikan, hendaknya dikelola dengan baik. Manajemen yang dimaksud meliputi:
(1) Perencanaan,
(2) Pengadaan,
(3) Inventarisasi,
(4) Penyimpanan,
(5) Penataan,
(6) Penggunaan,
(7) Pemeliharaan, dan
(8) Penghapusan.
Jadi, secara umum sarana dan prasarana adalah alat penunjang keberhasilan suatu proses upaya yang dilakukan di dalam pelayanan publik, karena apabila kedua hal ini tidak tersedia maka semua kegiatan yang dilakukan tidak akan dapat mencapai hasil yang diharapkan sesuai dengan rencana. Fungsi dan tujuan sarana sekolah SMA PGRI Lawang

B.        Fungsi dan Tujuan Sarana dan Prasarana sekolah SMA PGRI Lawang
Tujuan sarana dan prasarana di sekolah SMA PGRI Lawang adalah untuk menunjang proses/ kegiatan yang berhubungan dengan sekolah, baik itu proses pembelajaran maupun hal -hal yang berkaitan dengan kegitan guru, untuk itu diharapkan dengan adnya fasilitas sarana dan pprasarana ini sekolah SMA PGRI Lawang menjadi sekolah yang dapat menunjang proses kegiatan sekolah terutama proses kegiatan pembelajaran sehari-hari, saat ini sekolah sudah memiliki sarana dan prasarana yang sudah cukup lengkap baik untuk menunjang proses pembelajaran maupun hal-hal yang lain.

C.        Jenis-Jenis Sarana dan Prasarana Yang dimiliki sekolah SMA PGRI Lawang
1.         Ruang Kelas
             Merupakan ruang dalam bangunan sekolah, yang berfungsi sebagai tempat untuk kegiatan tatap muka dalam proses belajar dan pembelajaran(KBM), ruang kelas yaitu tempat siswa dan guru melaksanakan proses kegiatanbelajar mengajar, dan juga ruang kelas merupakan hal yang sangat penting didalam dunia pendidikan tanpa ada ruang kelas maka proses pembelajaran tidak akan berjalan dengan baik dan juga tujuan pembelajaran tidak akan tercapai secara efektif dan efisien.
Adapun jumlah ruang kelas yang dimiliki SMA PGRI Lawang yaitu 14 ruang lokal dengan rincian sebagai berikut:
1.         Ruang kelas X (MIPA dan IPS)
2.         Ruang kelas XI (MIPA dan IPS)
3.         Ruang kelas XII (MIPA dan IPS)

2.       Ruang perpustakaan
         Yaitu tempat koleksi berbagai jenis bacaan bagi siswa dan dari sisnilah siswa dapat menambah pengetahua. Penyelenggaraan perpustakaan memiliki tujuan utama untuk meningkatkan mutu pendidikan.
Sedangkan tujuan lainnya yaitu untuk menunjang kegiatan kurikuler dan ekstrakurikuler, selain itu untuk menumbuhkan minat dan mengembangkanbakat siswa serta memantapkan strategi belajar mengajar secara operasional.
Maka dari itu SMA PGRI Lawang memiliki sebuah perpustakaan yang dapat menunjang proses penambahan pengetahuan siswa siswi secara mandari. Di perpustakaan ini siswa dapat meminjam dan membaca buku yang berhubungan dengan mata pelajaran yang dipelajari.
Tujuan atau sasaran utama perpustakaan SMA PGRI Lawang bagi siswa yaitu:
1.         Memupuk rasa cinta, kesadaran, dan kebiasaan membaca bagi siswa-siswi SMA PGRI Lawang
2.         Untuk membimbing dan mengarahkan siswa-siswi untuk belajar mandiri
3.         Membantu memperluas pengetahuan para siswa
4.      Membantu mengembangkan kecakapan berbahasa dan daya pikir para siswa dengan menyediakan bahan bacaan yang bermutu.

3.       Ruang laboratorium
        (Tempat praktek) tempat siswa mengembangkan pengetahuan sikap dan keterampilanserta tempat meneliti dengan menggunakan media yang ada untuk memecahkan suatu masalah atau konsep pengetahuan. Laboratorium adalah tempat belajar mengajar melalui metode pratikum yang dapat menghasilkan pengalaman belajar di mana siswa berinteraksi dengan berbagai alat dan bahan untuk mengobservasi gejala-gejala yang dapat diamati secara langsung dan dapat membuktikan sendiri sesuatu yang dipelajari.
       Untuk itu SMA PGRI Lawang mempunyai fungsi dan tujuan  laboratorium dalam proses pendidikan adalah sebagai berikut:

  1. Sebagai tempat untuk berlatih mengembangkan keterampilan intelektual melalui kegiatan pengamatan, pencatatan dan pengkaji gejala-gejala alam.
  2. Mengembangkan keterampilan motorik siswa. Siswa akan bertambah keterampilannya dalam mempergunakan alat-alat media yang tersedia untuk mencari dan menemukan kebenaran.
  3. Memberikan dan memupuk keberanian untuk mencari hakekat kebenaran ilmiah dari sesuatu objek dalam lingkungn alam dan sosial.
  4. Memupuk rasa ingin tahu siswa sebagai modal sikap ilmiah seseorang calon ilmuan.
  5. Membina rasa percaya diri sebagai akibat keterampilan dan pengetahuan atau penemuan yang diperolehnya.
  6. Dengan adanya labor seperti labor komputer diharapkan siswa dapat lebih aktif dalam mencari informasi yang berhubungan dengan mata pelajaran lain.
Adapun fasilitas laboratorium yang dimiliki SMA PGRI Lawang adalah sebagai berikut:

1)      Laboratorium Komputer
Merupakan tempat dilakukannya praktek komputer bagi siswa, maka dari itu SMA PGRI Lawang menyediakan fasilitas yang dapat menunjang proses pembelajran, tidak hanya pembelajaran TIK siswa juga bisa mencari tugas yang berhubungan dengan mata pelajaran lain, karena SMA PGRI Lawang juga sudah menyedikan layanan WIFI untuk siswa dan guru untuk mencari tugas yang berhubungan dengan pelajaran di sekolah. SMA PGRI Lawang memiliki 3 labor komputer yang bisa digunakan siswa kapan saja untuk menunjang proses pembelajaran di sekolah.

2)      Laboratorium IPA
Merupakan tempat dilakukan percobaaan sebuah penelitian yang berhubungan dengan pelajaran IPA yang dilengkapi dengan alat-alat untuk menunjang proses dari percobaan tersebut, saat ini SMA PGRI Lawang sudah memiliki labor IPA yang dimana siswa langsung dapat melakukan percobaan penelitian yang berkaitan dengan pembelajaran, baik belajar fisika, kimia dan biologi.

4.       Ruang Keterampilan
    Tempat siswa melakukan latihan mengenai keterampilan tertentu, dan juga tempat untuk melaksanakan pembelajaran ketrampilan atau life skill bagi siswa dan siswi SMA PGRI Lawang. Dengan itu SMA PGRI Lawang memiliki 4 buah ruang ketrampilan, yaitu Ruang Design Grafis/TIK, ruang ketrampilan Tata Boga, ruang ketrampilan Sablon dan ruang ketrampilan Batik.

5.       Ruang BK
Merupakan tempat untuk melakukan pembinaan atau pengarahan maupun memberikan motivasi belajar siswa dalam peningkatan kemampuan siswa dalam belajar serta tempat untuk memberikan pengarahan bagi siswa yang mau melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi ataupun bagi siswa yang masuk ke dalam dunia kerja, serta sebagai tempat untuk menyelesaikan permasalahan siswa,

6.       Ruang Aula
Tempat untuk sebuah kegiatan sekolah seperti acara perpisahan, rapat orang tua/wali murid, workshop. Dengan itu SMA PGRI Lawang sudah memiliki sebuah AULA yang dapat menampung sebuah kegitan yang berhubungan dengan kegitan sekolah. Bahkan juga Aula Krida Wiyata SMA PGRI Lawang juga menjadi tempat untuk pelaksanaan wisuda sekolah – sekolah terdekat yang mau memanfaatkan kegiatannya di SMA PGRI Lawang. Dengan itu SMA PGRI Lawang sudah memiliki sebuah AULA yang dapat menampung sebuah kegitan yang berhubungan dengan kegitan sekolah.

7.       Ruang Multimedia
Merupakan tempat untuk kegiatan workshop, rapat dewan guru, pembelajaran yang berbasis IT.

8.       Fasilitas Olahraga
Tempat berlangsunya latihan-latihan olaraga yang menunjang proses pembelaran penjaskes, oleh karna itu SMA PGRI Lawang menyediakan fasilitas lapangan antara lain:
1)      Lapangan Basket
2)      Lapangan Bola Voly
3)      Lapangan Lompat Jauh
4)      Lapangan Pentaque
5)      Matras

9.       Mushollah
        Merupakan tempat ibadah umat islam, setiap sekolah yang mayoritas siswanya islam sudah menjadi kewajiban memiliki sebuah bangunan mushallah, untuk mendukung kegiatan keagaman siswa, untuk itu di indonesia rata-rata sekolah yang mayoritas islam suadah memiliki tempat ibadah seperti mushallah, untuk itu SMA PGRI Lawang suadah mempunyai bangunan mushallah yang berguna bagi guru dan siswa untuk melakukan ibadah. dan juga kegiatan lainya seperti kegiatan rohis siswa .

10.   Tempat kendaraan/ Parkiran
        Merupakan hal yang perlu ada karna dengan adanya tempat parkiran kendaraan yang yang dibawa oleh siswa dan guru tersusun dengan rapih dan juga mencegah terjadinya hal kehilangan kendaraan, jadi SMA PGRI Lawang juga telah membuat tempat parkiran yang luas bagi kendaraan yang masuk kedalam lingkungan sekolah

11.   Ruang koperasi/kantin
      Saat sekarang ini sebagian besar sekolah yang ada diindonesia sudah memiliki ruang koperasi atau kantin yang dibiayai oleh pemerintah untuk dikelolah oleh pihak sekolah dalam menunjang proses belajar maupun yang non pembelajaran, dengan maksud mencegah terjadinya siswa berkeliaran di luar lingkungan sekolah, dan saat ini SMA PGRI Lawang sudah memiliki ruang koperasi dan kantin yang dapat membantu siswa dalam hal memenuhi kebutuhan sekolah siswa.

12.   Ruang tata usaha
        Merupakan tempat proses administrasi kesiswaan, tata usaha mempunyai  peran yang penting didalam sebuah lembaga pendidikan sekolah, karena tanpa adanya ruang tata usaha maka proses administrasi siswa tidak akan berjalan efektif dan efisien, maka dari itu SMA PGRI Lawang mempunya ruang tat usaha yang dapat mengolah proses administrasi siswa, sehingga proses tersebut dapat berjalan dengan baik.

13.   Washtafel / tempat cuci tangan
Dalam rangka menghadapi pandemic covid-19 saat ini, SMA PGRI Lawang mematuhi protocol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah, sehingga Washtafel di SMA PGRI Lawang khusus untuk siswa terdapat 5 buah. Yang penempatannya 2 buah di depan pintu gerbang sekolah, 1 di depan perpustakaan dan 2 lainnya di depan kelas.

14.   Kamar Kecil untuk siswa dan guru
Kamar kecil untuk siswa ada 8 buah dan 5 tempat buang air kecil, dengan komposisi 2 buah kamar kecil untuk guru dan karyawan, 2 kamar kecil utk siswa perempuan dan 4 kamar kecil untuk siswa laki – laki, 5 tempat buang air kecil untuk siswa laki – laki.



#Bravo...
#Jayalah SMAPRILA Jaya....
#www.smapgrilawang.sch.id
#imel: smaprila79@gmail.com
#FB : Smaprila Jaya
#IG: smapgrilawang


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Direktori Guru

MOU BLKI Singosari dengan SMA PGRI Lawang